APA PENDAPAT ANDA ?? INILAH ETIKA MURID TAHUN 1880AN YANG MEMBUNGKUK SAAT MELEWATI DEPAN GURU DAN ETIKA MURID SEKARANG ???



Sebelumnya anda lihat photo ini, baiknya anda pikirkan terlebih dulu. Begitu krisisnya moral bangsa ini, ada apa dengan bangsa ini?

Adab Murid Tahun 1880 yang Membungkuk Saat Melewati Guru, Adab Murid Sekarang?

 Gambar yang ada di arsip nasional Belanda di bawah ini diambil pada sekitar tahun 1880-1910 di Jawa. Tidak sama dengan saat ini yang krisis moral serta seakan tak akan menghormati guru, sampai tidak lagi memiliki wibawa. Walau sebenarnya para guru yaitu pengajar pengetahuan, pada mereka kita menuntut ilmu.

Bukannya kita kembali pada zaman feodal, tetapi apa yang terjadi bila yang muda telah tak ada rasa hormat pada yang tua, terutama guru pengajar, tempat menimba ilmu? Apakah budaya urakan serta kurang ajar yang patut kita lestarikan walau bertentangan dengan adab ketimuran, atau mungkin kita menggunakan jati diri sendiri sebagai masyarakat nusantara yang menjunjung tinggi etika serta nilai-nilai moral.

Lihatlah perbandingan seperti langit dan bumi.. Apakah ini yang dimaksud guru serta murid? Miris!

Mari berbenah, serta jadikan gambar ini sebagai pelajaran. Jika yang muda telah tidak hormat lagi pada yang tua serta yang tua telah tak menyayangi yang muda, bagaimana masa depan bangsa Indonesia.
APA PENDAPAT ANDA ?? INILAH ETIKA MURID TAHUN 1880AN YANG MEMBUNGKUK SAAT MELEWATI DEPAN GURU DAN ETIKA MURID SEKARANG ??? APA PENDAPAT ANDA ?? INILAH ETIKA MURID TAHUN 1880AN YANG MEMBUNGKUK SAAT MELEWATI DEPAN GURU DAN ETIKA MURID SEKARANG ??? Reviewed by Unknown on 01.19 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.